Seputar Kediri
Berkunjung ke Kediri Wajib Coba 5 Makanan Ini!

Berkunjung ke Kediri Wajib Coba 5 Makanan Ini!

Berita Terbaru Kediri – Jika Anda sedang berkunjung ke Kediri, Anda wajib mencoba 5 makanan yang menjadi ciri khas kota tahu ini. Sebagai kota yang berjuluk kota, lho punya segudang kuliner enak yang wajib dicoba. Selain itu, kota yang jauh dari Surabaya juga punya cita rasa yang khas. Makanannya juga beragam, ada makanan berat dan jajanan yang unik. Selain itu juga disertai dengan kota yang ramah. Suguhan dari kota terbesar di Jawa Timur ini membuat sulit untuk dilupakan.

Berkunjung ke Kediri Wajib Coba 5 Makanan Ini

Stik Tahu

Sebagai kota tahu di Kediri, banyak sekali olahan berbahan dasar tahu yang unik dan lezat, salah satunya adalah Stik Tahu. Stik tahu biasanya dimakan sebagai lauk seperti sop pendamping, sop, nasi campur dan lain-lain. Karena fungsinya hampir sama dengan kerupuk, namun bisa juga sebagai camilan. Bersantai saat menonton film, atau saat mengobrol dengan teman dan keluarga. Stik ini tahu itu bertahan satu bulan di tempat tertutup. Selain itu juga bisa membuat makanan khas Kediri untuk oleh-oleh. Kuliner ini juga akan menjadi favorit keluarga. Selain pecinta tahu. Tak bisa ditanyai cadangan gizinya, jajanan ini bernilai gizi tinggi.

Tahu Takwa

Selain stik tahu, keistimewaan lain dari Kediri adalah Tahu Takwa. Tahu kuning, di mana warna kuning diperoleh dari air kunyit. Takwa tahu ini berbentuk kotak dan mudah diratakan. Kepadatannya jauh lebih baik daripada tahu putih, yang mudah hancur. Untuk rasa, tahu memiliki rasa yang enak. Tidak asam sama sekali. Saat digoreng, bagian luarnya terlihat kering dan renyah. Tapi bagian dalamnya lembut. Biasanya tahu takwa digunakan sebagai tumisan.

Karena rasanya yang enak, sering ditumis dengan tauge. Atau digunakan untuk campuran bakmoy ayam. Sejarah tahu takwa sendiri dimulai sejak orang Tionghoa datang ke Kediri. Nah, di antara mereka yang menjadi pelopor taqwa tadi. Kemudian pada tahun 1912 perintis mengenal ketakwaan, Lau Soe Hoek kemudian memulai bisnis. Tahu takwa sudah cukup tua dan telah menjadi makanan legendaris di sana. Jadi jika ke Kediri harus membawa makanan khas Kediri yang terkenal ini. Karena di rumah nanti kamu bisa berkreasi sesuka hati.

Sate Bekicot

Sate bekicot ini terbuat dari bekicot beras. Namun, para pedagang sate ini mendapatkan daging bekicot dari para pengepul. Tentunya dagingnya tidak berlendir, dan tidak memiliki cangkang. Kemudian diolah dengan cara digoreng dengan menambahkan bumbu pedas. Kemudian disajikan dengan bumbu kacang. Daging bekicot ini kenyal dan empuk saat digigit. Untuk pertama kali makan memang agak aneh, tapi tetap enak. Pasalnya, sambal kacangnya membuat sate bekicot ini semakin nikmat. Untuk harga, jangan khawatir. Pasalnya harga satu porsi sate bekicot hanya 8 ribu rupiah saja. Untuk satu porsi, umumnya akan berisi 20 tusuk sate bekicot siap santap.

Nasi Pecel Sambal Tumpang

Nasi ini sekilas terlihat seperti nasi pecel pada umumnya, namun nasi pecel ini ditambah dengan tempe gosok. Tak perlu khawatir menggosok tempe. Menggosok tempe di sini artinya lebih banyak tempe yang difermentasi, sehingga rasanya sedikit lebih asam. Nah, di Kediri ada berbagai warung yang menjajakan nasi pecel dengan kuah tumpang. Kuah ini dibuat dari tempe tadi. Tempe diolah menggunakan santan dan cabai.

Hampir mirip opor tapi terbuat dari tempe. Kemudian sambal ini disiramkan di atas nasi pecel. Jadi, nasi kuahnya tumpang tindih dengan kuah pecel. Untuk rasa tidak perlu khawatir, karena kuliner yang satu ini rasanya yang enak dan manis. Sementara itu, lauk pauk tambahan untuk makan dengan sambal bertumpuk. Yakni rempeyek, jeroan, dan goreng. Harga kuliner ini juga tergolong murah. Kira-kira 10 ribu rupiah sudah kenyang dan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *