Seputar Kediri
Kediri Dinilai Sebagai Kota Termakmur di Indonesia

Kediri Dinilai Sebagai Kota Termakmur di Indonesia

Berita Terbaru Kediri – Pasti kamu mengira kota terkaya di Indonesia adalah Jakarta? Ternyata itu salah. Gelar kota terkaya diberikan kepada Kota Kediri. Kediri merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur, kota ini terletak 130 km barat daya Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Kota Kediri memiliki luas wilayah 63,40 kilometer persegi dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Kediri.

Kediri Dinilai Sebagai Kota Termakmur di Indonesia

Kota Kediri terbagi oleh sungai Brantas yang membentang dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer. Menurut catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri, jumlah penduduk Kota Kediri pada tahun 2019 sebanyak 294.950 jiwa dengan kepadatan penduduk 4.652,20 jiwa / km2. Menjadi situs ibukota kuno kerajaan Jawa, kota ini merupakan salah satu pusat budaya utama bagi orang Jawa dan kota ini juga berisi beberapa reruntuhan kuno dan candi dari zaman Kerajaan Kediri dan Majapahit.

PDRB per kapita tinggi

Kota Kediri berhasil mencatat angka PDRB per kapita tertinggi di Indonesia. Bahkan para nominator itu mengalahkan ibu kota Indonesia dan ibu kota Jawa Timur. Parameter kota terkaya didasarkan pada data terbaru yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018. Tingkat kemakmuran suatu kota atau kabupaten diukur dengan indikator pendapatan per kapita, yang dihitung dari produk domestik regional bruto ( PDRB) dibagi dengan penduduk. Dari parameter tersebut, Kota Kediri merupakan kota paling makmur di Tanah Air.

Kota ini memiliki pendapatan perkapita Rp.449,23 juta / tahun, selisih yang signifikan dari Kota Bontang (Rp.337,95 juta) yang berada di urutan kedua. Padahal, nominal yang tercatat di Kediri kurang dari setengah dari nominal PDB perkapita yang tercatat di Surabaya (Rp 188,73 juta). Perlu digarisbawahi GNFI, kota paling makmur di sini tidak berarti seluruh penduduknya sejahtera. Hal ini dikarenakan pendapatan perkapita tidak menunjukkan pemerataan pendapatan.

Bisa jadi kemakmuran ini terkonsentrasi pada sebagian kecil lapisan penduduk karena mereka menguasai sumber daya ekonomi di daerah tersebut. Selain itu, besarnya pendapatan dari industri aneka industri skala besar ditambah dengan jumlah penduduk Kota Kediri yang relatif kecil menjadikan kota ini memiliki PDRB perkapita yang tinggi.

Rahasia Kekayaan Kediri

Kediri dikenal sebagai pusat perdagangan utama industri gula dan rokok di Indonesia. Di kota inilah didirikan perusahaan rokok terbesar dan tertua di Indonesia. PT Gudang Garam menopang sebagian besar perekonomian Kediri. Sekitar 16.000 orang Kediri menggantungkan mata pencaharian mereka pada perusahaan ini. Gudang Garam memberikan kontribusi pajak dan cukai yang relatif besar kepada pemerintah kota. Gudang Garam Signature Mild dan Surya 16 Exlusive merupakan contoh produk Gudang Garam (GG) yang begitu populer di kalangan masyarakat. Pada 2018 GG berhasil membukukan pendapatan Rp 821 triliun dengan laba bersih Rp 150 triliun.

Penerimaan dan penerimaan pajak yang cukup fantastis dari GG ini merupakan sumber utama Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Kediri. Kediri juga mendapatkan penghargaan sebagai kota paling kondusif untuk investasi dari acara bertajuk “Kota Paling Direkomendasikan untuk Investasi” berdasarkan survei SWA yang dibantu oleh Business Digest, unit bisnis riset dari kelompok SWA. Kediri menjadi rujukan bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di kota ini. Beberapa perguruan tinggi swasta, pesantren, dan lainnya juga berdampak pada sektor ekonomi kota.

Pesantren besar di Kediri antara lain Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Wali Barokah. Di bidang pariwisata, kota ini memiliki berbagai tempat wisata, seperti Kolam Renang Pagora, Taman Air Tirtayasa, Dermaga Jayabaya, Gua Selomangleng, dan Taman Sekartaji. Kawasan di sepanjang Jalan Dhoho merupakan pusat perbelanjaan tersibuk di Kediri. Di beberapa sudut kota juga terdapat minimarket, cafe, resort, nightlife dan masih banyak lagi tempat lain yang menunjang perekonomian sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *